Sangat Memuaskan SEBAGAI TANTANGAN

       Oleh: Metta Kartika Dewi - SF Tim 06 Kota Semarang

Menilai keberhasilan suatu organisasi keswadayaan masyarakat (BKM) tidaklah mudah. Namun memberikan apresiasi berdasarkan realita yang ada, perlu dilakukan dengan  saran dan kritik yang konstruktif.  Hal ini membuat lembaga BKM akan selalu dinamis dan terkelola seuai dengan aturan dalam menjalankan kegiatan operasional BKM. 

BKM Artakawula, menurut penulis patut menjadi contoh bagi BKM lainnya. Prestasi yang pernah diraih oleh BKM ArtaKawula yaitu meliputi;  Pertama, Juara BKM Terbaik Kota Semarang Tahun 2005  dalam rangka Hari Habitat Dunia. Ke-2, Pendampingan KSM menjadi UKM Terbaik   Tingkat   Nasional   Dibidang Jasa dalam kegiatan   “City Group  Micro Enterprenuership  Award 2006”  di Jakarta.  Ke-3, Juara  BKM  Terbaik  Tingkat  Provinsi Jawa Tengah Tahun 2009.

Menginjak tahun 2016 ini kondisi BKM Artakawula masih terasa dan pantas mendapatkan predikat terbaik. Kelengkapan sarana dan prasarana sebagai sebuah organisasi keswadayaan masyarakat tingkat kelurahan masih terjaga dan terkelola dengan baik.  Oleh karena itu tidaklah heran ketika Bu VITA dari KMP P2KKP berkunjung ke kantor BKM Artakawula 28 April 2016 yang lalu menyatakan cukup puas dan meng-apresiasi kepengurusan BKM Artakawula dalam menjalankan aktifitasnya. Meskipun kedatangan KMP dalam rangka memantau pelaksanaan program BLM Komputer, namun melihat dokumen, kearsipan dan sarana prasarana yang terkelola dengan baik dan perhatian pemerintah setempat dalam hal ini Lurah Krobokan, Bu Vita mendorong tim faskel 06 untuk menjadikan best practice dan pembelajaran atas hasil praktik lapangan yang positif agar menjadi contoh BKM lainnya. 

Selain program BLM Komputer yang  diapresiasi oleh KMP, Program BLM KOLABORASI 2015 juga menjadi perhatian KMP.

Dalam pelaksanaannya yang dikerjakan  KSM LANCAR dan KSM INDAH, KMP menyatakan cukup puas dengan hasil dan laporan pertanggungjawaban.

Oleh karenanya, Tim Faskel sebagai fasilitator merasa perlu mengingatkan agar BKM Artakawula menjadikan pujian ini sebagai tantangan yang harus dipertahankan. Apalagi dengan program-program P2KKP ke depan yang akan  fokus pada permukiman yang layak huni-zero kumuh, tanpa menggusur. 


Dokumentasi lainnya:
KUNJUNGAN & DIALOG Gubernur JawaTengah dengan KSM


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PRA MWT XXIII BKM ARTA KAWULA

GIAT DONOR DARAH

Musyawarah Warga Tahunan Tutup Buku Tahun 2022